GAMBARAN TINGKAT PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK GOGE FARMA

Nandya, Pamela Tri (2025) GAMBARAN TINGKAT PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK GOGE FARMA. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Cover)
Cover - Pamela.pdf

Download (878kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan informasi obat (PIO) merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh apoteker dalam memberikan informasi mengenai obat serta aspek penggunaannya kepada pasien. Informasi ini bersifat profesional dan tidak dapat dikritik secara langsung oleh pasien maupun masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana pelayanan informasi obat diberikan oleh Tenaga Vokasi Farmasi (TVF) di Apotek Goge Farma, Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 90 responden yang dipilih secara acak dari kalangan pembeli obat. Data dikumpulkan melalui kuesioner berisi 13 pertanyaan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa informasi tentang nama obat disampaikan kepada 91,1% responden, bentuk sediaan dan cara pemakaian masing-masing kepada 93,3% responden, cara penyimpanan sebanyak 88,9% responden, peringatan obat sebanyak 92,2% responden, efek samping sebanyak 91,1% responden, serta interaksi obat dengan obat lain sebanyak 84,4% responden. Pencegahan interaksi obat disampaikan kepada 83,3% responden, dan interaksi dengan makanan atau minuman kepada 70% responden. Responden juga menilai petugas cepat tanggap dalam pelayanan dan respon keluhan pasien, masing-masing sebesar 91,1% dan 94,4% responden. Informasi harga obat disampaikan kepada 92,2% responden. Secara keseluruhan, tingkat pelayanan informasi obat di apotek ini mencapai rata-rata 89,1%, termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Pamela Tri Nandya
Date Deposited: 24 Sep 2025 09:34
Last Modified: 24 Sep 2025 09:34
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item