PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SURADADI TEGAL

Bela, Salsa (2025) PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SURADADI TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
up cover.pdf

Download (976kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1 upload_salsa.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2 upload_salsa.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 upload_salsa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 upload_salsa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 upload_salsa.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus upload_salsa.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran upload_salsa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi pasien adalah proses individu dalam mengevaluasi pelayanan berdasarkan pengalaman sensori mereka. Pelayanan Kefarmasian adalah layanan kesehatan yang mencakup penyediaan, pengelolaan, serta pengawasan penggunaan obat pada pasien. Tujuan utama pelayanan kefarmasian adalah untuk memastikan efektivitas serta keamanannya bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pasien mengenai kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi Tegal berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang telah menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 responden, dengan teknik accidental sampling sebagai metode pemilihan sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dengan distribusi frekuensi untuk menggambarkan distribusi jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi pasien rawat jalan tentang kualitas pelayanan kefarmasian di RSUD Suradadi Tegal, dari 100 responden diketahui bahwa pasien menilai cukup baik (3,0%), menilai baik (31,0%), dan menilai sangat baik (66,0%). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi sebagaian besar adalah sangat baik, terutama pada aspek kehandalan dan empati yang menjadi dimensi penilaian tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Salsa Bela
Date Deposited: 10 Jun 2025 08:13
Last Modified: 10 Jun 2025 08:13
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item