Bela, Salsa (2025) PERSEPSI PASIEN RAWAT JALAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SURADADI TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
![]() |
Text (COVER)
up cover.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1 upload_salsa.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2 upload_salsa.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3 upload_salsa.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4 upload_salsa.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB V)
bab 5 upload_salsa.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
dapus upload_salsa.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
lampiran upload_salsa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Persepsi pasien adalah proses individu dalam mengevaluasi pelayanan berdasarkan pengalaman sensori mereka. Pelayanan Kefarmasian adalah layanan kesehatan yang mencakup penyediaan, pengelolaan, serta pengawasan penggunaan obat pada pasien. Tujuan utama pelayanan kefarmasian adalah untuk memastikan efektivitas serta keamanannya bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pasien mengenai kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi Tegal berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang telah menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 responden, dengan teknik accidental sampling sebagai metode pemilihan sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dengan distribusi frekuensi untuk menggambarkan distribusi jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi pasien rawat jalan tentang kualitas pelayanan kefarmasian di RSUD Suradadi Tegal, dari 100 responden diketahui bahwa pasien menilai cukup baik (3,0%), menilai baik (31,0%), dan menilai sangat baik (66,0%). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Suradadi sebagaian besar adalah sangat baik, terutama pada aspek kehandalan dan empati yang menjadi dimensi penilaian tertinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Kesehatan > Diploma III Farmasi |
Depositing User: | Salsa Bela |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:13 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |