PENGARUH RETRIBUSI DAN FASILITAS PASAR TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG PADA PASAR BANDUNG KOTA TEGAL

Amelia, Putri (2025) PENGARUH RETRIBUSI DAN FASILITAS PASAR TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG PADA PASAR BANDUNG KOTA TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh retribusi dan fasilitas pasar terhadap kepuasan pedagang pada Pasar Bandung Kota Tegal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei kepada 100 responden pedagang menggunakan kuesioner skala Likert empat tingkat. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dinyatakan valid dan reliabel. Data yang terkumpul memenuhi uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), sehingga layak dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik retribusi maupun fasilitas pasar secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pedagang. Koefisien regresi retribusi sebesar 0,171 (sig. 0,044) dan koefisien fasilitas pasar sebesar 0,301 (sig. 0,001) menunjukkan bahwa setiap peningkatan retribusi dan perbaikan fasilitas akan meningkatkan kepuasan pedagang. Uji F menghasilkan signifikansi 0,000 yang memperkuat pengaruh kedua variabel independen secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa retribusi dan fasilitas pasar berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang di Pasar Bandung Kota Tegal. Peningkatan pengelolaan retribusi dan fasilitas pasar akan berdampak langsung pada meningkatnya kepuasan para pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: Amelia Putri
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:20
Last Modified: 27 Oct 2025 07:20
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item