Lapasele, Muhamad Rafly (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERILAKU KEWIRAUSAHAAN, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UMKM COFFEE SHOP DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
![]() |
Text (COVER)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (736kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memilki peran penting sebagai penopang perekenomian nasional. Beragam jenis UMKM, salah satunya coffee shop sebagai salah satu usaha yang sedang berkembang dan jumlahnya yang terus bertambah. Namun dalam prakteknya UMKM masih sering mengalami keterlambatan pertumbuhan (Kinerja) karena masalah seperti kapasitas SDM, kepemilikan, pembiayaan, pemasaran, dan masalah lain tentang pengelolaan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel literasi keuangan, perilaku kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap kinerja UMKM coffee shop yang terdapat di Kota Tegal. Penelitian ini adalah dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran kuisoner yang diberikan kepada 60 pelaku UMKM coffeeshop di Kota Tegal. Pada penelitian ini data diolah menggunakan SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan variabel literasi keuangan, perilaku kewirausahaan, dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM coffeee shop. Ketiga variabel menunjukan dampak mampu meningkatkan yang mempengaruhi kinerja usaha. Literasi meningkatkan pengetahuan keuangan, mengetahui perencanaan keuangan yang berdampak pada efisiensi pengeluaran yang bisa diminimalisir sehingga mendapatkan laba yang maksimal. Perilaku kewirausahaan dengan mempunyai sikap inovatif dalam membuat inovasi menu maupun konsep tempat mampu menghadirkan daya tarik baru untuk para pelanggan sehingga jumlah penjualan akan naik. Media sosial membantu para coffee shop dalam memberikan informasi promo dan menjaga brand mereka tetap dikenal dan makin banyak orang mengetahui mereka sehingga mampu mempertahankan dan memperluas pasar mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Akuntansi > Diploma III Akuntansi |
Depositing User: | Muhamad Rafly Lapasele |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:45 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |