Yahya, Anisa Ameliya (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL EDUKASINAU UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (812kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan industri kreatif digital menuntut setiap pelaku usaha untuk memiliki identitas visual yang kuat dan konsisten agar dapat bersaing serta membangun hubungan emosional dengan audiens. EdukaSinau, sebagai brand baru yang bergerak dibidang media digital dan creativepreneurship, belum memiliki identitas visual yang terstruktur, sehingga mengalami kesulitan dalam membangun brand awareness secara optimal, khususnya di wilayah Tegal dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang citra dan daya tarik brand di mata target audiens generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melalui analisis SWOT, wawancara dengan founder, serta penyebaran kuesioner kepada 46 responden dari kalangan Gen Z dan milenial yang merupakan target utama dari brand EdukaSinau. Subjek tersebut dipilih karena mereka merupakan pengguna aktif media digital dan memiliki ketertarikan tinggi pada dunia kreatif. Kuesioner yang disebarkan terdiri dari 10 pertanyaan untuk menggali persepsi, preferensi visual, serta tingkat kesadaran terhadap identitas brand. Hasil akhir penelitian berupa brand guidelines yang mencakup logo utama, empat logo turunan berdasarkan layanan EdukaSinau (Podcast, Jenama Digital, Business Class, dan Founding), serta penerapan ke media pendukung seperti administratif / stationery dan seminar kits yang diharapkan mampu memperkuat identitas visual dan membangun brand awareness EdukaSinau secara konsisten dan berkelanjutan di era industri kreatif digital. Kata Kunci : Identitas Visual, Brand Guidelines, Branding, Industri Kreatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Anisa Ameliya Yahya |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:21 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/6001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |