EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI PADA UMKM DI PASAR MARGASARI KABUPATEN TEGAL

UTAMI, INDAH (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI PADA UMKM DI PASAR MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama Tegal.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan inovasi pembayaran digital yang dikembangkan oleh Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi secara cepat, aman, tanpa uang tunai. Meskipun demikian, adopsi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di kalangan UMKM di Pasar Margasari masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai alat pembayaran non tunai pada UMKM di Pasar Margasari, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek penelitian terdiri dari 10 UMKM yang terbagi dalam dua kategori, yaitu UMKM Fashion dan UMKM Coffee Shop, yang telah menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai alat pembayaran non tunai. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada enam indikator efektivitas yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Sebagian besar pelaku UMKM merasakan kemudahan dalam transaksi, pencatatan penjualan menjadi lebih teratur, serta meningkatkan kenyamanan konsumen. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil, keterlambatan dana masuk ke rekening, serta rendahnya literasi digital pada konsumen tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada UMKM di Pasar Margasari untuk UMKM Fashion efektif digunakan dan untuk UMKM Coffee Shop sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
T Technology
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: Indah Utami
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:32
Last Modified: 21 Aug 2025 04:32
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item