Saputra, Indra Dwi (2024) OBSERVASI EMISI MESIN BENSIN KAPASITAS 150CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX-ETANOL 15%. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Text (Cover)
cover.pdf Download (890kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Download (29kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Etanol memiliki propertis Research Octane Number (RON) lebih tinggi dari gasolin. Propertis ini mengakibatkan perambatan laminar sehingga mengoptimalkan proses pembakaran. Hal ini menjadi pemanfaatan biofuel potensial sebagai substitusi terhadap ketergantungan bahan bakar fosil gasolin, dan menurunkan pencemaran udara karena emisi gas buang. Prosedur yang harus dilakukan pada tahap persiapan adalah sebagai berikut: 1. Mempersiapkan pertamax dan etanol. 2. Memeriksa perlengkapan Gas Analyzer. 3. Mempersiapkan perlengkapan alat yang akan digunakan untuk melakukan pengujian. Berdasarkan hasil pengujian, perhitungan rata-rata serta analisis data yang dilakukan pada emisi gas buang motor 150 cc berbahan bakar pertamax (P100) dan pertamax-etanol (P85E15) maka dapat disimpulkan bahwa pada putaran mesin 2000 rpm terjadi penurunan pada emisi HC, CO2, NOx dengan nilai penurunan terbesar pada emisi HC sebesar 25%. Saat putaran mesin 3000 rpm emisi yang mengalami penurunan yaitu CO, HC, O2 dengan nilai penurunan terbesar terjadi pada emisi HC sebesar 128%. Pada putaran mesin 4000 rpm emisi CO, HC mengalami penurunan dan terjadi penurunan terbesar pada emisi HC sebesar 64%. Pada grafik Exhaust Gas Temperature (EGT) juga menampilkan hasil penurunan pada semua putaran mesin, dengan penurunan terbesar terjadi pada putaran mesin 4000 rpm sebesar 23,1%. 1. Perlu penelitian lebih lanjut penggunaan bahan bakar pertamax dan pertamax-etanol terhadap emisi gas buang mesin 150cc agar menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik untuk kedepanya. 2. Diperlukan penelitian dan pengkajian dengan spesifikasi motor dengan kompresi yang lebih tinggi. 3. Penelitian ini dapat dilanjutkan menggunakan etanol dengan kadar alkohol yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Mesin |
Depositing User: | Indra Dwi Saputra |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:29 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:29 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
View Item |