Wijaya, Mokhamad (2024) PERANCANGAN CHATBOT PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN DIALOGFLOW (STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL). Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Cover)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Download (110kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal adalah lembaga yang mengolah data kependudukan. Dengan berkembangnya teknik penyerangan yang dilakukan oleh peretas ilegal dan kebutuhan akan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, maka dibutuhkan beberapa solusi yang mampu menangani hal tersebut. Salah satu cara untuk menangani masalah tersebut adalah dengan menutup akses publik secara langsung kepada sistem yang dimiliki Disdukcapil sembari menyediakan layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dapat diakses baik secara luring maupun daring. Dengan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem layanan yang dapat digunakan oleh sebagian besar warga yang ada di Kota Tegal tanpa harus mengakses aplikasi atau web yang disediakan secara daring yang kemudian menghasilkan produk sistem chatbot adminduk via platform WhatsApp. Sistem chatbot adminduk dirancang dengan menyediakan 4 layanan, yaitu permohonan cetak ulang Kartu Keluarga, cetak ulang Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Identitas Anak (KIA), dan pembuatan akta kematian. Chatbot adminduk menggunakan platform WhatsApp untuk berinteraksi dengan warga yang sudah mendaftarkan nomor akun WhatsApp di Disdukcapil Kota Tegal. Dengan adanya sistem chatbot adminduk, maka diharapkan akan membawa manfaat kepada pihak Disdukcapil Kota Tegal dalam menyediakan kemudahan pelayanan kepada warga sehingga tidak harus menginstal aplikasi-aplikasi tambahan ataupun mengakses web, mengurangi antrean layanan secara luring, serta membantu upaya peningkatan keamanan data kependudukan. Kata Kunci: chatbot, adminduk, Disdukcapil, layanan, WhatsApp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology T Technology > T Technical Information |
Divisions: | Teknik > Diploma IV Teknik Informatika |
Depositing User: | Mokhamad Wijaya |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 08:45 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 08:45 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3567 |
Actions (login required)
View Item |