ANALISIS PERBANDINGAN HARGA JUAL ONLINE DAN OFFLINE SERTA KONTRIBUSI NYA TERHADAP LABA KOTOR PADA “DM” FASHION TEMBOK LUWUNG

Fithriyyah, Tri Maulidatul (2025) ANALISIS PERBANDINGAN HARGA JUAL ONLINE DAN OFFLINE SERTA KONTRIBUSI NYA TERHADAP LABA KOTOR PADA “DM” FASHION TEMBOK LUWUNG. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Sampul)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dafpus.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku usaha untuk memasarkan produk melalui dua saluran, yaitu online dan offline. Perbedaan kedua saluran penjualan tidak hanya mempengaruhi perilaku konsumen, tetapi juga memberikan dampak pada kontribusi terhadap laba kotor perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan harga jual online dan offline serta kotribusinya terhadap laba kotor pada “DM” Fashion Tembok Luwung. Kekhasan laporan tugas akhir ini dibandingkan dengan penelitian lain adalah fokusnya yang tidak hanya membahas perbedaan harga jual online dan offline, tetapi juga menganalisis kontribusi penjualan online maupun offline terhadap laba kotor perusahaan. Penelitian sebelumnya umumnya hanya membahas perbedaan harga atau strategi pemasaran, sedangkan dalam tugas akhir ini penulis lebih menekankan bagaimana perbedaan tersebut memengaruhi keuntungan perusahaan. Selain itu, objek penelitian yang diambil adalah UMKM di bidang fashion yang aktif menjual melalui marketplace dan toko offline, sehingga hasil penelitian ini dinilai lebih relevan untuk pelaku usaha kecil menengah di era digital seperti sekarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi laporan penjualan periode Januari hingga Mei 2025. Analisis dilakukan terhadap empat jenis produk, yaitu Kemeja Rayon Twill Lengan ¾, Kemeja Crinkle Airflow Polos, Kemeja Crinkle Motif Salur Airflow, dan Tunik Kemeja Polos Crinkle Airflow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jual online cenderung lebih tinggi dibandingkan penjualan offline karena adanya biaya tambahan seperti komisi marketplace dan ongkos kirim. Meskipun demikian, penjualan online memberikan kontribusi laba kotor yang lebih besar dibandigkan penjualan offline. Dengan demikian, “DM” Fashion Tembok Luwung disarankan untuk memperkuat strategi penjualan online dan menetapkan strategi harga yang efektif agar dapat bersaing di pasar online maupun offline. Kata kunci: harga jual, penjualan online, penjualan offline, laba kotor, “DM” Fashion

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: TRI MAULIDATUL FITHRIYYAH
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:38
Last Modified: 26 Aug 2025 07:38
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item