GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BOJONGBATA PEMALANG BERDASARKAN PERMENKES RI NO.73 TAHUN 2016

Nisa, Pavita Zaimatun (2024) GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BOJONGBATA PEMALANG BERDASARKAN PERMENKES RI NO.73 TAHUN 2016. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (632kB)
[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (547kB)

Abstract

Standar pelayanan kefarmasian di Apotek menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.73 tahun 2016 meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana berdasarkan Permenkes No.73 tahun 2016 yaitu: ruang penerimaan resep, ruang pelayanan resep dan peracikan, ruang penyerahan obat, ruang konseling, ruang penyimpanan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai dan ruang arsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Apotek Bojongbata sudah melaksanankan standar pelayanan kefarmasian sesuai dengan Permenkes RI No. 73 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gambaran standar pelayanan kefarmasian. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara dan observasi yang melibatkan 1 Apoteker dan 1 Tenaga Vokasi Farmasi. Alat yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara dan checklist observasi.Teknik analisis data  menggunakan analisis interaktif yaitu menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari  hasil wawancara, catatan, dokumentasi dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh peneliti maupun orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar pelayanan kefarmasian di Apotek Bojongbata yang meliputi sumber daya kefarmasian yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana belum sesuai dengan Permenkes No 73 tahun 2016 karena belum memiliki ruang untuk arsip tetapi hanya memiliki tempat khusus untuk arsip. Dapat disimpulkan bahwa standar pelayanan kefarmasian di apotek Bojongbata Pemalang belum sesuai dengan Permenkes No. 73 tahun 2016 Kata Kunci : Apotek Bojongbata, Permenkes RI No. 73 Tahun 2016, standar pelayanan kefarmasian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Pavita Zaimatun Nisa
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:39
Last Modified: 20 Sep 2024 06:39
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item