Ramdhani, Wildan Rezi (2024) RANCANG BANGUN SISTEM SURVEI DAN PENGADUAN PELANGGAN PERUMDA TIRTA BAHARI MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Cover)
COVER.pdf Download (681kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perumda Tirta Bahari Kota Tegal merupakan salah satu perusahaan dengan bergerak pada pelayanan air bersih. Termasuk infrastruktur dan sistem distribusi, guna memastikan pasokan air bersih yang berkelanjutan kepada pelanggan. Terdapat berbagai bidang dalam penyelengaraan tugas, salah satunya bidang Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Suatu instansi dengan kapasitas sebagai agen pemasok air daerah pasti perlu memiliki sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat tujuan. Dalam hal ini penyelengaraan penilaian kepuasaan pelanggan terdapat 2 metode yang digunakan, anatara lain metode offline dan online. Pada proses offline petugas masih menggunakan proses dengan cara melakukan keliling ke berbagai pelanggan kemudian pada pengisian juga masih menggunakan kertas sebagai media pengisian. Kemudian apabila dengan online masih menggunakan google form. Dari sisi penyelengaraan dalam hal ini memerlukan kemudahan dalam proses pengsian survei dan aduan, guna mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan tentang kualitas pelayanan Perumda Tirta Bahari Kota Tegal, dengan membuat website survei kepuasaan pelanggan secara online. Website ini dibuat menggunakan Framework Laravel 9 serta dibangun menggunakan Metode Skala Likert. Metode Skala Likert, dari metode tersebut untuk pilihan dari jawaban pengisian survei. serta memakai empat tingkatan, kemudian semakin nilai tingkatan tinggi dengan kategori positif maka semakin tinggi juga nilai yang diperoleh dan tingkatan tinggi dengan kategori negatif maka nilai tersebut rendah. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode blackbox dan kuesioner yang diberikan kepada 8 responden, dari hasil pengujian blackbox menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil pengujian kuesioner penggunaan aplikasi yang dihitung menggunakan metode mencari interval persentase skala likert didapatkan dengan total skor 181 dari 8 responden, sehingga range kepuasan diangka 2.24 dan menghasilkan kategori “Memuaskan”. Hal ini berarti responden menyatakan setuju bahwa sistem survei dan pengaduan pelanggan Perumda berbasis web yang dibangun dapat membantu, mendukung dan dapat mengatasi masalah terkait pelayanan pelanggan pada Perumda Tirta Bahari Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technical Information T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknik > Diploma IV Teknik Informatika |
Depositing User: | Wildan Rezi Ramdhani |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 09:10 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 09:10 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4235 |
Actions (login required)
View Item |