PERANAN WAITER/WAITRESS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI KHAS TEGAL HOTEL

Pangestu, Fardhika Satria (2025) PERANAN WAITER/WAITRESS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI KHAS TEGAL HOTEL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pusaka)
Daftar Pusaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Industri perhotelan tidak hanya tentang penginapan, tetapi juga berkaitan dengan pelayanan makanan dan minuman. Dalam hal ini bagian food and beverage service yang bertanggung jawab, lebih tepatnya waiter/waitress yang berperan penting dalam pelayanan makanan dan minuman. Selain itu waiter/waitress juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas layanan di sebuah hotel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan waiter/waitress dalam meningkatkan kualitas layanan di Khas Tegal Hotel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Khas Tegal Hotel menggunakan strategi SO (stregth-opportunities) yang berarti hotel memiliki kekuatan internal yang cukup signifikan dan berada dalam kondisi eksternal yang memberikan banyak peluang untuk berkembang. Hasil dari diagram Cartesius juga menunjukkan hotel berada di kuadran 1 dengan dengan skor kekuatan (Strength) sebesar 1,46 dan skor peluang (Opportunity) sebesar 1,9. Dapat disimpulkan bahwa peran waiter/waitress di Khas Tegal Hotel sudah sangat bagus dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Kata Kunci: kualitas layanan, peranan, waiter/waitress

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > Hotel dan pariwisata
Politeknik Harapan Bersama > Perhotelan > Hotel dan pariwisata
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Hotel dan pariwisata
Perhotelan > Hotel dan pariwisata
Depositing User: Fardhika Satria Pangestu
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:47
Last Modified: 25 Aug 2025 07:47
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item