Wahyuningsih, Tri Hesti (2024) VIRTUAL ASSISTANT PADA SISTEM INVENTORY APOTEK HUSNI FARMA TEGAL DENGAN FRAMEWORK BOTMAN. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Cover)
Cover.pdf Download (715kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (111kB) |
|
Text (Lampiran)
Daftar Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak pengaruh pada kehidupan, termasuk dalam bidang pengobatan. Salah satu aspek penting dalam pengobatan adalah pengelolaan dan penyimpanan data di apotek. Apotek membutuhkan sistem informasi yang efektif untuk mempermudah dan memperlancar kinerjanya. Teknologi asisten virtual menjadi solusi dengan menyediakan informasi secara otomatis kepada pengguna. Penelitian ini fokus pada pengembangan chatbot menggunakan BotMan framework untuk Apotek Husni Farma. BotMan memungkinkan pembuatan chatbot real-time yang tidak memerlukan API atau aplikasi pihak ketiga, sehingga dapat terhubung langsung dengan database admin untuk memastikan informasi yang akurat dan up-to-date. Implementasi chatbot ini bertujuan untuk mempermudah manajemen stok obat dan memberikan informasi stok obat kepada pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan data di apotek serta memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Pada tahap pengujian, penulis menggunakan metode blackbox, yaitu proses pengujian yang dilakukan dengan mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsionalitas sistem tanpa melihat struktur internalnya. Hasil pengujian menunjukan bahwa chatbot yang dikembangkan mampu menampilkan data stok obat secara real-time dan respon chatbot terhadap pertanyaan pengguna dapat dijawab dengan cepat dan tepat. Implementasi sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan data stok obat serta memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Kata kunci: teknologi, apotek, asisten virtual, chatbot, botman, manajemen data
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technical Information |
Divisions: | Teknik > Diploma IV Teknik Informatika |
Depositing User: | Tri Hesti Wahyuningsih |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 09:18 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 09:18 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3933 |
Actions (login required)
View Item |