Fattah, Alimmul (2024) PROSES PERANCANGAN MESIN TEKAN MANUAL UNTUK DUDUKAN FOOTSTEP SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN SOLIDWORK 2020. Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.
Text (COVER)
COVER 1,.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Download (672kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Industri manufaktur mengalami perkembangan, salah satu industri yang mengalami perkembangan adalah industri komponen otomotif. Sebagai akibat adanya tuntutan pemenuhan kebutuhan tersebut, maka manusia berusaha untuk menciptakan alat bantu yang berguna untuk memproduksi barang-barang terebut dalam jumlah besar dengan biaya produksi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mesin tekan manual dan jig and fixture yang digunakan dalam produksi dudukan footstep sepeda motor di industri manufaktur komponen otomotif. Mesin ini berperan penting dalam proses perakitan dan pengelasan komponen otomotif. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan menggunakan perangkat lunak Solidwork 2020. Proses perancangan mencakup analisis pembebanan statik pada mekanisme rack and pinion dengan beban 3000 N. Hasil pengujian menunjukkan nilai tegangan von Mises berkisar antara 0,000 N/m² hingga 180,350 N/m², yang menggambarkan distribusi beban pada part dengan baik. Analisis deformasi menunjukkan replacement minimum sebesar 0,000 URES (mm) dan maksimum sebesar 0,005 URES (mm), mengindikasikan tingkat deformasi yang sangat kecil pada material. Nilai strain equivalent tercatat minimal sebesar 0,000 ESTRN hingga maksimal 0,000 ESTRN, mencerminkan elastisitas material yang optimal. Selain itu, analisis faktor keamanan (factor of safety) menunjukkan rentang nilai minimum sebesar 3,440 FOS hingga maksimum lebih dari 1,000+16 FOS, memastikan bahwa part memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi selama pengoperasian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa part rack dan pinion memiliki karakteristik mekanis yang memenuhi syarat untuk aplikasi dalam sistem mekanis dengan beban yang serupa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Mesin |
Depositing User: | Alimmul Fattah |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 08:19 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 08:19 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4840 |
Actions (login required)
View Item |