PERANCANGAN BRAND GUIDELINES SEBAGAI VISUAL IDENTITY UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA CV. RIDHA CAHAYA SEMESTA

Mutiara, Dwi (2024) PERANCANGAN BRAND GUIDELINES SEBAGAI VISUAL IDENTITY UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA CV. RIDHA CAHAYA SEMESTA. Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.

[img] Text (COVER)
COVER .pdf

Download (669kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

CV. Ridha Cahaya Semesta adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penanaman, pengembangan, pengolahan, dan distribusi tanaman herbal berkhasiat asal Indonesia. Perusahaan ini merupakan pengembangan dari Oemah Rempah yang dibantu oleh Kimia Farma dalam proses pembentukannya pada tahun 2023. Sebagai perusahaan baru, CV. Ridha Cahaya Semesta belum memiliki identitas visual yang diperlukan untuk legalitas serta kebutuhan ekspor dan impor. Penelitian ini bertujuan untuk membuat identitas visual yang dirancang dalam brand guidelines guna memastikan konsistensi, memudahkan pengenalan, serta membangun citra perusahaan sebagai bentuk profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method Research (kualitatif dan kuantitatif). Metode kualitatif digunakan sebagai pengumpulan data melibatkan wawancara dengan pemilik melalui Google Meet, serta pengumpulan data melalui Google Form untuk memahami pelaku kegiatan, persaingan, dan kesan yang ingin disampaikan. Observasi dilakukan untuk mengecek kebutuhan yang diperlukan dan studi literatur sebagai pedoman pembuatan identitas visual. Kemudian menganalisis data menggunakan metode SWOT. Berdasarkan data dan analisis yang diperoleh, kemudian masuk pada tahapan pembuatan konsep dasar perancangan meliputi mindmapping, key visual, moodboard, dan brainstorming. Dilanjutkan pembuatan logo matrix, sketsa kasar, sketsa halus, alternatif logo dan mendapatkan desain terpilih. Metode kuantitatif digunakan dalam uji kesesuaian identitas visual dengan skala Likert berupa kuesioner mendapatkan 29 responden mahasiswa dan masyarakat. Hasil respon menunjukkan tingkat yang sangat baik (75-100%) terhadap bentuk logo, warna, elemen grafis, dan penerapan pada produk pendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
T Technology
Divisions: Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dwi Mutiara
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:44
Last Modified: 21 Oct 2024 03:44
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item