Salamah, Rifka Ardinati (2024) SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DESA PURBASANA BERBASIS WEB. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (361kB) |
Abstract
Dalam sistem pemerintahan, laporan pelayanan pengaduan sangat penting untuk mencapai pencapaian yang signifikan. Laporan pengaduan secara teknis dibuat untuk menjawab kritik, meningkatkan pelayanan, dan menciptakan lingkungan masyarakat yang aman untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan laporan pengaduan lama agar dapat diintegrasikan ke dalam sistem berbasis teknologi dan informasi yang sesuai dan akurat. Sementara itu di Desa Purbasana pelaporan pengaduan masih dilakukan secara manual sehingga belum secara maksimal. Laporan pengaduan sering kali tidak dikomunikasikan dengan baik dan tidak mudah diakses. Masih ada kekhawatiran tentang keakuratan data, keterbatasan aksesibilitas informasi di pemerintah Desa Purbasana. Hal tersebut menyebabkan beberapa kendala seperti adanya double pencatatan yang dapat menyebabkan kesalahan, pencarian dokumen yang tidak efisien dapat memperlambat kinerja pemerintah. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi layanan pengaduan masyarakat di Desa Purbasana. Sistem informasi layanan pengaduan memiliki peran penting memungkinkan kemudahan dalam pendataan laporan dan identifikasi masalah yang membutuhkan perhatian lebih dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Menggunakan visual studio code dengan bahasa pemrograman PHP dalam pembuatan website. Metode yang digunakan adalah metode agile. Dengan tahapan penelitian diantaranya product backlog, sprint backlog, sprint planning, sprint dan review. Hasil dari penelitian yang dilakukan berupa Sistem Informasi Layanan Pengaduan Masyarakat Di Desa Purbasana Berbasis Web yang meliputi pelaporan pengaduan, proses tindakan pelaporan dan proses manajemen data. Dengan laporan pengaduan layanan publik, sarana dan prasarana yang ada di Desa Purbasana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology T Technology > T Technical Information T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Komputer |
Depositing User: | Rifka Ardinati Salamah |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:03 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:03 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4132 |
Actions (login required)
View Item |