IMPLEMENTASI PELAYANAN RETRIBUSI PASAR SECARA ELEKTRONIK (E-RETRIBUSI) DI KOTA TEGAL

Listiano, Yana Eka (2024) IMPLEMENTASI PELAYANAN RETRIBUSI PASAR SECARA ELEKTRONIK (E-RETRIBUSI) DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (851kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf

Download (828kB)

Abstract

Retribusi pelayanan pasar menjadi salah satu sumber pendapatan penting bagi pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan dan penyediaan layanan publik. Retribusi pasar adalah biaya yang dibayarkan oleh wajib retribusi seperti pedagang atau pengelola pasar kepada pemerintah setempat sebagai imbalan atas penggunaan fasilitas pasar dan pelayanan yang disediakan. Penarikan retribusi mengalami perubahan karena beberapa kendala, perubahan yang dilakukan pemerintah yaitu dengan membuat perubahan pada penarikan retribusi pelayanan secara manual menjadi secara elektronik (E-Retribusi). Implementasi sistem E-Retribusi sudah diterapkan di Kota Tegal sejak tahun 2019. Sistem tersebut sudah diterapkan pada Pasar Langon, Pasar Kejambon, Pasar Bandung, Pasar Karangdawa, Pasar Randugunting, Pasar Krandon, Pasar Sumur Panggang, Pasar Martoloyo, dan Pasar Kraton. Pasar Pagi, Pasar Burung, Pasar Alun-Alun, Pasar Beras, Dan Pasar Muara Anyar merupakan pasar tradisional yang belum menerapkan e retribusi, penarikan retribusi masih dilakukan secara manual. Artinya pasar tersebut belum mengimplementasikan sistem retribusi secara elektronik. Menimbang permasalahan yang terjadi, penulis memutuskan untuk melakukan penelitian di pasar yang ada di Kota Tegal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan retribusi pasar secara elektronik di Kota Tegal. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat 14 Pasar terdaftar di Kota Tegal, terdapat 9 (sembilan) atau sama dengan 64% pasar yang sudah menggunakan sistem e-retribusi pasar dan juga ada 5 (lima) atau sama dengan 36% pasar yang belum menggunakan sistem e-retribusi pasar ini. Mayoritas pasar yang ada di Kota Tegal sudah beralih menggunakan sistem yang lebih efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: Yana Eka Listiano
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:18
Last Modified: 30 Jan 2025 06:18
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item