TRANSFORMASI PENGELOLAAN ANGGARAN DI PEMERINTAH DAERAH MELALUI IMPLEMENTASI SIMDA FMIS (Studi Kasus Di Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal)

Masfufah, Aulia (2024) TRANSFORMASI PENGELOLAAN ANGGARAN DI PEMERINTAH DAERAH MELALUI IMPLEMENTASI SIMDA FMIS (Studi Kasus Di Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal). Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (402kB)

Abstract

Pemerintah Daerah khususnya Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal dalam mengelola Keuangannya sudah memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu adanya sistem informasi terintegrasi yang dapat diandalkan secara cepat dan akurat, yaitu adanya penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), khususnya SIMDA Financial Management Information System atau sering disebut SIMDA FMIS. Penerapan SIMDA FMIS memudahkan Sekretariat DPRD dalam mengelola anggarannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Transformasi Pengelolaan Anggaran dari SIMDA Keuangan ke SIMDA FMIS di Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pengelolaan anggaran menggunakan SIMDA FMIS sudah lebih baik dibandingkan dengan SIMDA Keuangan. Pengelolaan keuangan pada SIMDA FMIS dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan serta pelaporan keuangan. Setiap indikator bekerja secara terintegrasi dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Di Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal pada saat menerapkan SIMDA FMIS masih terdapat keterbatasan berupa Sumber Daya Manusia yang kurang optimal, aplikasi yang belum sempurna sehingga sering terjadi sistem error dan sering terjadi kesalahan sistem saat memasukkan anggaran serta koordinasi dalam pembuatan anggaran kurang optimal sehingga menyebabkan terlambatnya pelaporan anggaran. Hal ini terjadi karena adanya perubahan sistem dari desktop menjadi berbasis website sehingga masih perlu penyesuaian sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: Aulia Masfufah
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:15
Last Modified: 30 Jan 2025 06:15
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item