Ulum, Samsul (2022) PENGARUH KONSENTRASI METANOL 15% TERHADAP TORSI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL MITSHUBISHI L300. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
![]() |
Text (TA_Samsul Ulum_19021062)
TA camcul (2) (2) (5).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Jurnal TA_Samsul Ulum_19021062)
28. JURNAL SKRIPSI-Samsul Ulum(2025) terbaru.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
Abstract
Seiring peningkatan volume kendaraan bermotor, penggunaan bahan bakar fosil semakin meningkat. Oleh karena itu, perlu ada bahan bakar alternatif seperti metanol untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil. Metanol mempunyai nilai viskositas yang lebih rendah dari pada bahan bakar solar. Selain itu, Metanol memiliki sekitar 45% molekul oksigen yang dapat terbakar lebih cepat. Penelitian menggunakan metode eksperimen yang di ujikan pada mesin diesel. Pengujian dilakukan dengan variasi pembebanan 25%, 50%, 75%, dan 100%. Bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar dari campuran bahan bakar solar campuran metanol 15% (S85M15). Pengujian menghasilkan Torsi, dan Daya yang lebih tinggi dari pada S100. Sedangkan konsumsi bahan bakar lebih rendah dari pada S100. Propertis metanol Seperti viskositas, nilai kalor, dan oksigen yang lebih baik. Peningkatan torsi tertinggi sebesar 50,10Nm pada pembebanan 100%, dan peningkatan Daya tertinggi sebesar 9,78kW pada pembebanan 100%. Sedangkan penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 19L/kWh pada pembebanan 100%. Kata kunci: Volume, Viskositas, Metanol, Torsi, Daya, Kosumsi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan Harber |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:32 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:32 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |