Azhar, Ramadhani Fauzi (2024) GAME PENGENALAN BAHASA JAWA KRAMA BERBASIS DESKTOP. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Cover)
Cover.pdf Download (732kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (205kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bahasa jawa adalah bahasa dengan jumlah penutur yang besar, secara international bahasa jawa menempati urutan ke – 11, dengan jumlah penutur 75.500.000. Secara kuantitatif jumlahnya sangat besar, tetapi secara kualitatif kondisi bahasa jawa semakin merosot dan mulai ditinggalkan penuturnya. Dalam penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa 63% siswa dari kelas 4 sampai 6 SD tidak mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa jawa ngoko dan hanya 20% yang memiliki kemampuan menggunakan bahasa jawa krama. Game edukasi adalah game yang didalamnya terdapat unsur unsur edukasi atau pembelajarannya. Dalam hal ini game dapat digunakan sebagai sarana alternatif pembelajaran bahasa jawa karena game merupakan suatu hiburan yang terkesan ringan. Penelitian ini menghasilkan sebuah game pengenalan bahasa jawa krama berbasis desktop, mengujianya kepada siswa SD Al-Irsyad kota Tegal. Metode pengujian pada penelitian ini adalah blackbox testing. Blackbox testing adalah pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology |
Divisions: | Teknik > Diploma IV Teknik Informatika |
Depositing User: | Ramadhani Fauzi Azhar |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:48 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4373 |
Actions (login required)
View Item |