Hakim, Hammam Arkan (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG DAPATKAN, GUNAKAN, SIMPAN DAN BUANG OBAT (DAGUSIBU) DI JALAN DIPONEGORO PEKAUMAN TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text
TUGAS AKHIR_Hammam Arkan Hakim_20080002.pdf Download (4MB) |
Abstract
DAGUSIBU berarti mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar. Masyarakat masih sering melakukan kesalahan dalam membeli, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan benar. Sehingga dapat menimbulkan efek samping dalam pengobatan seperti penggunaan obat yang tidak tepat, pembuangan obat sembarangan, menyebabkan orang yang tidak bertanggung jawab menggunakannya untuk tujuan yang salah. Hal yang tidak diinginkan ini dapat merugikan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pemahaman masyarakat tentang DAGUSIBU di Jalan Diponegoro, Pekauman, Tegal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah penduduk Jalan Diponegoro Pekauman Tegal. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 orang dengan teknik total sampling Hasil penelitian hubungan karakteristik dengan tingkat pengetahuan masyarakat tentang tingkat tahu Dagusibu di Jalan Diponegoro Pekauman Tegal diperoleh nilai 80% pada dapatkan obat, nilai 90% pada gunakan obat, nilai 82,5% pada simpan obat dan nilai 68,75% pada buang obat. Hasil secara keseluruhan tentang Dagusibu obat pada tingkat tahu adalah baik. Tidak ada hubungan antara karakteristik usia dan pekerjaan dengan tingkat pengetahuan masyarakat di Jalan Diponegoro Pekauman Tegal mengenai DAGUSIBU, tetapi ada hubungan antara pendidikan dengan tingkat pengetahuan mengenai DAGUSIBU.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Kesehatan > Diploma III Farmasi |
Depositing User: | Hammam Arkan Hakim |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 04:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 04:24 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3351 |
Actions (login required)
View Item |