NABILA, ELGA FATWA (2023) PROSES PEMBUATAN TRAINER ELEKTROPLATING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.
Text (TA_ELGA FATWA NABILA_20020001)
TA_ELGA FATWA NABILA_20020001.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Trainer merupakan alat yang dipergunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, pelatihan, dan pengenalan materi dalam pendidikan. Dalam proses pembelajaran akan kesulitan jika tidak tersedia trainer atau alat peraga, tentu sangat mempersulit mahasiswa untuk menerapkan materi atau teori yang telah di dapat dalam perkuliahan. Oleh karena itu, dibutuhkan fasilitas penunjang proses pembelajaran yang mudah digunakan oleh dosen serta mudah dipahami oleh para mahasiswa. Tujuan laporan ini dibuat untuk mengetahui proses pembuatan dan mewujudkan trainer elektroplating sebagai media pembelajaran. Trainer elektroplating merupakan alat peraga yang digunakan untuk proses pembelajaran praktik simulasi pelapisan logam dengan cara listrik dan sebagai pendukung dalam pembelajaran khususnya pada mata kuliah surface treatment agar pembelajaran terjadi interaksi yang lebih efektif antara pengajar dan mahasiswa. Metode penelitian ini dengan mencari buku dan jurnal. Proses pembuatan trainer mulai dari persiapan alat dan bahan, pengukuran dan pemotongan, pengelasan, penghalusan, pengecatan, perakitan dan analisis hasil. Pembuatan rangka trainer menggunakan besi hollow ukuran 35 mm x 35 mm dan 35 x 15 mm serta menggunakan las listrik Shielded Metal Arc Welding elektroda 2.0 mm dengan besar arus 50-75 amper. Ketidaksesuaian pada ukuran dapat dilihat pada analisis hasil dengan membandingkan dimensi trainer yang telah dibuat terhadap dimensi pada gambar acuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Mesin |
Depositing User: | ELGA FATWA NABILA |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:20 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:20 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/2771 |
Actions (login required)
View Item |