PRESENSI SISWA MENGGUNAKAN WAJAH BERBASIS WEBSITE

Mubarrok, Miftakhul (2023) PRESENSI SISWA MENGGUNAKAN WAJAH BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text
Skripsi_Miftakhul Mubarrok_19090089.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran siswa memegang peranan penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Melalui partisipasi aktif di kelas, siswa dapat memperoleh informasi berharga dari guru, memperluas pengetahuan mereka, dan meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai bidang studi. Namun sebagian sekolah di Kota Tegal, khususnya SMAN 05 Kota Tegal masih menggunakan sistem presensi manual yang rawan. Metode ini termasuk memanggil siswa dan membagikan lembar kehadiran yang ditandatangani oleh siswa. Sistem manual ini menghadapi sejumlah tantangan, antara lain kemungkinan siswa memanipulasi kehadiran, risiko rusaknya atau hilangnya dokumen kehadiran, dan membutuhkan tenaga tambahan untuk merekap data kehadiran siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatlah sebuah aplikasi untuk presensi siswa yang hanya bisa diakses ketika guru membuka aplikasi tersebut. Solusi pendeteksian wajah melalui kamera menjadi alternatif yang menarik, memastikan kehadiran terekam otomatis dengan akurasi yang baik. Teknologi ini tidak hanya efektif dalam mencatat, tetapi juga mengatasi kendala manual seperti manipulasi dan pengelolaan yang kompleks. Dengan demikian, langkah menuju sistem presensi berbasis wajah merupakan langkah cerdas dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Ini akan memberikan dampak positif dalam menciptakan administrasi yang lebih efisien, akurat, dan andal dalam mencatat kehadiran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technical Information
Divisions: Teknik > Diploma IV Teknik Informatika
Depositing User: Miftakhul Mubarrok
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:40
Last Modified: 28 Aug 2023 05:40
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item