Salsabila, Safira Difa (2023) PENGARUH EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN MINUM OBAT PADA PENDERITA HIPERTENSI MASYARAKAT DESA UJUNGRUSI. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Tugas Akhir_SAFIRA DIFA SALSABILA_20080137)
tugas akhir difa.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Hipertensi merupakan suatu penyakit dengan angka moralitas dan morbiditas yang sangat tinggi di dunia. Video merupakan media audiovisual yang paling banyak digunakan. Lingkungan belajar ini mengandung banyak bagian, memungkinkannya menghadirkan suara dan visual bergerak secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi video pengetahuan minum obat penderita hipertensi di masyarakat Desa Ujungrusi kecamatan Adiwerna. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu quasi experiment dengan pre post test with control grup. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner menggunakan skala Guttmant. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang telah memiliki kriteria inklusi dan ekslusi. Sampel penelitian ini berjumlah 40 responden dengan 20 responden kelompok intervensi dan 20 responden kelompok kontrol yang tercatat di Posbindu desa Ujungrusi. Analisis data yang digunakan adalah uji bivariat. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pengetahuan minum obat setelah diberikan edukasi dengan media video didapatkan p value 0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh edukasi menggunakan video terhadap pengetahuan minum obat pada penderita hipertensi di desa Ujungrusi. Kata Kunci: Edukasi, Video, Pengetahuan Minum Obat, Hipertensi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Kesehatan > Diploma III Farmasi |
Depositing User: | Safira Difa Salsabila |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 06:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:16 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/2344 |
Actions (login required)
View Item |