Kanaya, Hilda Putri (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI OBAT PASIEN UMUM DAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KLUWUT KABUPATEN BREBES. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Text (Farm 1836.22 HIL g)
HILDA PUTRI_TA WORD.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Farm 1836.22 HIL g)
HILDA JURNAL TA_WORD.pdf Download (218kB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian telah bergeser dari drug oriented menjadi patient oriented. Kepuasan pasien merupakan unsur yang sangat penting, karena jika pasien merasa puas, akan sangat besar kemungkinan untuk menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kepuasan Pelayanan Informasi Obat Pasien Umum dan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kluwut Kabupaten Brebes. Rancangan penelitian bersifat deskriptif observatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pasien maupun keluarga pasien yang telah mendapatkan pelayanan informasi obat di Puskesmas Kluwut. Sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 89 responden pasien umum dan 94 responden pasien BPJS Kesehatan. Jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari Kuesioner. Hasil penelitian dilihat dari dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible. Hasil rata-rata presentase kepuasan dari lima dimensi yaitu 86,13 % pada pasien umum dan 85,65 % pada pasien BPJS Kesehatan, yang artinya masuk dalam kategori sangat puas. Hasil analisis One-way ANOVA menunjukkan lima dimensi kepuasan tidak signifikan antara pasien Umum dengan pasien BPJS Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Kesehatan > Diploma III Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@poltektegal.ac.id |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 09:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 09:55 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
View Item |