EFEK PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA)

Hasan, Imam and Fil Ardhi, Kholifah and Inayati, Fina (2021) EFEK PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA). Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Imam Hasan_Dosen.AKT_genap.21)
Imam Hasan_penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek psikologis guru dan siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid 19 pada pelajaran praktikum akuntansi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus tipe instrumental tunggal. Data yang terkumpul divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi data (sumber). Data dianalisis dengan metode analisis kualitatif model Miles dan Huberman (model interaktif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PJJ berefek pada psikologis guru dan siswa. Efek psikologis yang dirasakan guru antara lain PJJ dirasakan menyenangkan sekaligus merepotkan, saat mengajar PJJ fokus guru sering terganggu dan teralihkan, guru kurang memiliki waktu yang cukup untuk relaksasi, guru sering mengalami kekecewaan saat PJJ, guru merasa jenuh, motivasi guru naik turun dalam mengajar. Namun selain hal tersebut, PJJ membuat guru mampu melakukan manajemen waktu dengan baik serta membuat mereka merasa lebih tenang, tidak tertekan dan tidak stres. Di lain sisi efek psikologis yang dirasakan siswa antara lain PJJ dirasakan kurang maksimal, kurang menyenangkan, menjenuhkan, membuat stres akademik, dan mengecewakan. Selain itu, karena PJJ dilakukan di rumah, fokus dan konsentrasi siswa mudah teralihkan dengan hal lain serta motivasi belajar siswa mengalami fluktuasi. Terkait manajemen waktu, terdapat siswa yang mampu melakukannya dan ada juga yang kesulitan. Perasaan gelisah dan tertekan di alami sebagian siswa, sedangkan sebagian yang lain mampu mengendalikannya. Namun selain hal tersebut, PJJ membuat pembelajaran menjadi tidak menegangkan dan memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk melakukan relaksasi dan refreshing. Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Psikologis, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Akuntansi > Diploma III Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@poltektegal.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:46
Last Modified: 31 Dec 2021 04:46
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item