Azizi, Rifki (2025) GAME EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS MOBILE ANDROID. Diploma thesis, Universitas Harkat Negeri.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (176kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (590kB) |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
Daftar Lampiran.pdf Download (19MB) |
Abstract
Pendidikan pada jenjang sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk konsep dasar pengetahuan dan keterampilan pada anak, termasuk salah satunya dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit dipahami dan diminati. Penelitian ini didorong oleh temuan bahwa banyak siswa yang lebih suka menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar. Game merupakan salah satu sarana yang bagus untuk edukasi selain sebagai untuk hiburan, sudah banyak game yang beredar dan dimainkan oleh anak-anak. Maka dari itu, perlu mengembangkan suatu game yang bertujuan untuk menarik minat belajar matematika pada anak, khususnya siswa sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu, metode pendataan yang terdiri dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, subyek penelitian dan metode pendekatan yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan, pemrograman, uji coba, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah “Game Edukasi Ular Tangga Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile Android” telah selesai dibuat dan hasil dari blackbox testing menunjukan bahwa game ini berjalan dengan baik serta hasil dari pengujian user acceptance testing memperoleh persentase 74% berhasil menarik minat belajar anak kelas 3 sd untuk memainkan game ini. Pendidikan pada jenjang sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk konsep dasar pengetahuan dan keterampilan pada anak, termasuk salah satunya dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit dipahami dan diminati. Penelitian ini didorong oleh temuan bahwa banyak siswa yang lebih suka menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar. Game merupakan salah satu sarana yang bagus untuk edukasi selain sebagai untuk hiburan, sudah banyak game yang beredar dan dimainkan oleh anak-anak. Maka dari itu, perlu mengembangkan suatu game yang bertujuan untuk menarik minat belajar matematika pada anak, khususnya siswa sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu, metode pendataan yang terdiri dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, subyek penelitian dan metode pendekatan yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan, pemrograman, uji coba, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah “Game Edukasi Ular Tangga Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile Android” telah selesai dibuat dan hasil dari blackbox testing menunjukan bahwa game ini berjalan dengan baik serta hasil dari pengujian user acceptance testing memperoleh persentase 74% berhasil menarik minat belajar anak kelas 3 sd untuk memainkan game ini.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Teknik > Diploma IV Teknik Informatika |
| Depositing User: | Rifki Azizi |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:48 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:48 |
| URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/6271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

