PERANCANGAN ASSET 3D PADA IKLAN ANIMASI PETUALANGAN KREATIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Adnin, Muhammad Nurul (2025) PERANCANGAN ASSET 3D PADA IKLAN ANIMASI PETUALANGAN KREATIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
PERANCANGAN ASSET 3D PADA IKLAN ANIMASI PETUALANGAN KREATIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (39MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di Politeknik Harapan Bersama menjadi salah satu kendala dalam menarik minat calon mahasiswa. Padahal, di era digital saat ini, kebutuhan akan sumber daya kreatif di bidang desain terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi yang efektif dan menarik berupa iklan animasi 3D berjudul Petualangan Kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan Ketua Program Studi DKV, dan penyebaran kuesioner di tiga sekolah menengah kejuruan di wilayah Tegal dan Brebes. Jumlah responden yang terlibat dalam pengisian kuesioner sebanyak 31 siswa. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 52% responden belum mengetahui jurusan DKV, 58% tidak berminat masuk ke jurusan DKV, dan 68% belum mengetahui prospek kerja lulusan DKV. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi komunikasi visual yang lebih efektif. Proses produksi media promosi mengikuti tahapan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yaitu: konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aset yang dirancang meliputi karakter, properti, dan environment menggunakan perangkat lunak Blender 3D dengan gaya visual yang terinspirasi dari bentuk mainan lego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan visual yang sederhana namun menarik mampu menyampaikan informasi program studi secara efektif dan meningkatkan ketertarikan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media promosi berbasis animasi 3D mampu membangun citra positif dan meningkatkan visibilitas Program Studi DKV secara signifikan di kalangan target audiens. Kata kunci : Perancangan Asset 3D, Iklan, Animasi 3D, Media Promosi, Promosi, Desain Komunikasi Visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Nurul Adnin
Date Deposited: 07 Oct 2025 06:18
Last Modified: 07 Oct 2025 06:18
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item