Gumilang, Ammelia Lintang Sukma (2025) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP MUTU PELAYANAN FARMASI DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG. Diploma thesis, Universitas Harkat Negeri.
![]() |
Text (COVER)
COVER TA AMMELIA LINTANG.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I TA AMMELIA LINTANG.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II TA AMMELIA LINTANG.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III TA AMMELIA LINTANG.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV TA AMMELIA LINTANG.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V TA AMMELIA LINTANG.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan setiap masyarakat yang memakai jasa pelayanan kesehatan sehingga membutuhkan pelayanan kesehatan dibidang kefarmasian yang optimal dan jaminan kepercayaan agar Masyarakat mendapat hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap mutu pelayanan kefarmasian di instalasi rawat jalan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah pasien BPJS kesehatan di instalasi rawat jalan yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang yang telah memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Jumlah sampel yang akan digunakan adalah 100 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah dengan pemeriksaan data, coding, entry, scoring, dan cleaning. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa tingkat kepuasan pasien mengenai pelayanan kefarmasian pasien BPJS Kesehatan rawat jalan di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang dengan rata-rata pada keseluruhan dimensi yaitu dimensi reliabillity (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), emphaty (empati), assurances (jaminan), tangible (bukti langsung) dengan perolehan nilai rata-ratanya yaitu sebesar 84 %. Dengan nilai rata-rata tersebut menunjukkan bahwa pasien sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh RSUD Dr. M. Ashari Pemalang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Kesehatan > Diploma III Farmasi |
Depositing User: | AMMELIA LINTANG SUKMA GUMILANG |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:29 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |