PENGUJIAN PERTAMAX DAN METHANOL 10% TERHADAP PERFORMA MESIN BENSIN EFI 150 CC

Aji, Devara Putra Rahma (0008) PENGUJIAN PERTAMAX DAN METHANOL 10% TERHADAP PERFORMA MESIN BENSIN EFI 150 CC. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Image (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kendaraan roda dua berbahan bakar bensin menjadi salah satu sumber pencermaran udara disetiap negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kendaraan roda dua berbahan bakar bensin yang cukup banyak. Hal ini menyebabkan ketergantungan bahan bakar bensin sehingga semakin menipisnya cadangan bensin. Selain itu, gas buang mesinnya menyebabkan polusi udara yang merusak kualitas udara di Indonesia. Biofuel merupakan bahan bakar yang dicampur dengan sumber daya organik seperti tanaman dan buah. Hal ini membuktikan bahwa biofuel bahan bakar alternatif yang bisa diperbarui. Methanol merupakan alkohol yang memiliki angka oktan lebih tinggi dibandingkan dengan bensin yang angka oktannya lebih kecil sehingga methanol dapat menjadi campuran bensin yang dapat meningkatkan performa mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan methanol 10% pada bahan bakar pertamax murni (PM10) terhadap performa torsi, daya, komsumsi bahan bakar, dan EGT mesin bensin EFI 150 CC. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan mesin bensin EFI 150 cc. Pengujian bahan bakar ( PM10) menghasilkan torsi dan daya yang lebih tinggi dari pada pertamax murni. Hal ini terlihat dari tingginya torsi sebesar 3,27 N.m pada rpm 6000. Daya sebesar 2,05 k.W pada rpm 6000. Rendahnya konsumsi bahan bakar sebesar 0,32 ml/dt pada rpm 6000. Serta menurunkan suhu EGT mencapai 288℃ pada rpm 4000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknik > Diploma III Teknik Mesin
Depositing User: Devara Putra Rahma Aji
Date Deposited: 30 Dec 2024 06:40
Last Modified: 30 Dec 2024 06:40
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item