Chantika, Nabila Viera (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANCIAL QRIS SEBAGAI PEMBAYARAN DIGITAL PADA UMKM REVINIA MAKE UP KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (COVER)
Cover.pdf Download (861kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (582kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nabila Viera Chantika.2024. Implementasi Teknologi Financial QRIS Sebagai Pembayaran Digital Pada UMKM Revinia Make Up. Program Studi Diploma III Akuntansi. Politeknik Harapan Bersama. Pembimbing I: Hesti Widianti; Pembimbing II: Dewi Kartika. Penelitian ini berjudul implementasi teknologi financial QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada UMKM Revinia Make Up Kabupaten Tegal sebagai solusi pembayaran digital di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menjadi alternative atau opsi metode pembayaran yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan teknologi QRIS, yang diatur oleh Bank Indonesia melalui peraturan Dewan Gubernur nomor 21/18/PADG/19, adalah standar nasional untuk pembayaran berbasis QR code, yang bertujuan untuk memudahkan transaksi keuangan di berbagai lini usaha. Melalui Deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode studi kasus, memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi secara mendalam manfaat dan tantangan yang dihadapi UMKM dalam mengadopsi QRIS. Beberapa manfaat utama yang teridentifikasi termasuk kepraktisan dalam transaksi, kemudahan dalam pencatatan keuangan, serta perluasan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM. Selain itu, QRIS juga dinilai adanya pengaruh untuk mendorong inklusi keuangan, dengan membuka akses bagi pelaku UMKM untuk menggunakan layanan perbankan digital. Namun, penelitian ini juga menyoroti beberapa tantangan signifikan yang dihadapi dalam implementasi QRIS, seperti rendahnya tingkat literasi digital di kalangan pelaku UMKM dan keterbatasan infrastruktur teknologi di beberapa daerah. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan dukungan yang lebih kuat dari pemerintah dan lembaga terkait agar potensi QRIS dapat dioptimalkan sepenuhnya. Sebagai hasil nyata dari penelitian ini, QRIS berhasil diimplementasikan melalui aplikasi Shopee Partner pada UMKM Revinia Makeup di Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini berupa kode QR atau QRIS dengan perantara aplikasi Shopee Partner untuk menghasilkan kode QR atau QRIS. Implementasi ini menunjukkan bahwa teknologi QRIS dapat diadaptasi oleh UMKM dengan bimbingan dan dukungan yang tepat dan dapat meningkatkan daya saing mereka di era digital. Kata Kunci: QRIS, UMKM, pembayaran digital
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Akuntansi > Diploma III Akuntansi |
Depositing User: | Nabila Viera Chantika |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:50 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4129 |
Actions (login required)
View Item |