ADVENTURE GAME PEMBURU SAMPAH UNTUK MENGEDUKASI ANAK-ANAK TENTANG JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID

Syabani, Muhamad Sahrul (2024) ADVENTURE GAME PEMBURU SAMPAH UNTUK MENGEDUKASI ANAK-ANAK TENTANG JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Cover Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
ADVENTURE GAME PEMBURU SAMPAH UNTUK MENGEDUKASI ANAK-ANAK TENTANG JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID_Muhamad Sahrul Syabani.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB I Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB III Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
BAB III.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN Tugas Akhir_Muhamad Sahrul Syabani_20090056)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah lingkungan seperti sampah telah menjadi tantangan besar di Indonesia. Terdapat 31,95 juta ton sampah per tahun pada 2023 namun hanya sekitar 64,31% saja sampah yang mampu dikelola sisanya masih terbengkalai begitu saja. Hal ini juga didasari dari kurangnya kesadaran dan minat anak-anak terhadap isu lingkungan terutama sampah, memperparah situasi ini. Maka anak-anak, sebagai generasi penerus, harus memiliki kesadaran kuat tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. Metode konvensional seperti buku teks dan ceramah, sayangnya sering kali tidak efektif dalam membangkitkan minat mereka terhadap isu ini. Anak-anak jarang peduli atau merasa tidak tertarik untuk memahami dampak negatif perilaku pembuangan sampah sembarangan. Game Pemburu Sampah dirancang sebagai game adventure yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan. Melalui game ini, anak-anak diharapkan dapat belajar mengenai jenis-jenis sampah dan cara pengelolaannya secara menyenangkan. Pengujian efektivitas game ini dilakukan menggunakan metode blackbox dan melibatkan pre-test serta post-test untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan anak-anak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game "Pemburu Sampah" efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang pengelolaan sampah. Game ini tidak hanya memberikan edukasi yang diperlukan, tetapi juga menarik minat anak-anak untuk belajar. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat menjadi alat edukasi yang bermanfaat dalam mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology
T Technology > T Technical Information
Divisions: Teknik > Diploma IV Teknik Informatika
Depositing User: Muhamad Sahrul Syabani
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:12
Last Modified: 23 Aug 2024 07:12
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item