PERANCANGAN KONTEN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MERCHANDISE FANMADE ENHYPEN LOKAL PADA BRAND ENLOVERS

Alamsyah, Riamyzard (2025) PERANCANGAN KONTEN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MERCHANDISE FANMADE ENHYPEN LOKAL PADA BRAND ENLOVERS. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf

Download (9MB)

Abstract

Konten visual merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada audiens, khususnya di media sosial. Konten digital yang terstruktur dan menarik mampu memperkuat identitas suatu brand, membedakannya dari kompetitor, serta membangun minat audiens melalui pertimbangan estetika visual dan narasi sesuai karakter brand. Promosi berperan penting dalam menyampaikan informasi produk dan membangun komunikasi dua arah, dengan platform seperti Instagram yang memudahkan integrasi visual branding dan storytelling ke dalam konten grafis, video, hingga kampanye interaktif. Merchandise fan made hadir sebagai alternatif produk yang mencerminkan identitas visual sebuah fandom atau komunitas. Salah satu brand lokal yang berperan di komunitas penggemar Enhypen adalah Enlovers, yang awalnya menyediakan jasa titip produk resmi dari luar negeri sebelum beralih menjadi penyedia merchandise fan made non-komersial untuk event komunitas, kampanye digital, atau freebies. Penelitian ini bertujuan merancang konten digital sebagai media promosi merchandise fan made Enlovers yang tidak hanya memperkenalkan produk, tetapi juga memperkuat identitas brand, membangun engagement dengan audiens, dan memperluas jangkauan ke komunitas fandom K- Pop lokal. Metode yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif melalui studi literatur, observasi, dan analisis preferensi audiens melalui penyebaran kuesioner yang terdapat 33 Responden dari Penggemar Enhypen. Hasil perancangan diharapkan dapat menjadi strategi promosi efektif yang menggabungkan aspek kreatif, visual branding, dan kedekatan komunitas. Kata kunci: Konten Visual, Media Promosi, Merchandise Fanmade, Identitas Brand

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Riamyzard Alamsyah
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:21
Last Modified: 05 Dec 2025 07:21
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item View Item