PERANCANGAN DESAIN PRODUK MERCHANDISE SEBAGAI IDENTITAS FANDOM ENHYPEN OLEH BRAND ENLOVERS

Junaedi, Dhifa Salsabila Azmi (2025) PERANCANGAN DESAIN PRODUK MERCHANDISE SEBAGAI IDENTITAS FANDOM ENHYPEN OLEH BRAND ENLOVERS. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desain produk merupakan proses penting dalam menciptakan bentuk, tampilan, dan fungsi suatu produk sehingga memiliki nilai estetika, daya tarik, dan fungsionalitas. Dalam fenomena Korean Wave khususnya K-Pop, merchandise menjadi simbol dukungan serta identitas diri bagi penggemar terhadap idolanya. Engene, sebagai fandom resmi boygroup Enhypen yang berada di bawah naungan agensi Belift Lab, memiliki identitas visual yang biasa dilihat pada berbagai aktivitas dan penggunaan atribut fandom merchandise. Brand lokal Enlovers awalnya hadir sebagai jasa titip produk resmi Enhypen, namun karena harga impor yang tinggi, beralih menjadi penyedia merchandise fanmade yang bersifat non-komersial. Produk ini difungsikan untuk kebutuhan event komunitas, kampanye digital, dan freebies, dengan tujuan mempererat hubungan antar penggemar serta menjadi sarana ekspresi kreatif. Penelitian ini bertujuan merancang desain merchandise fanmade yang sesuai preferensi visual penggemar Enhypen, dengan metode kualitatif melalui studi literatur, observasi, dan analisis preferensi desain melalui kuesioner dengan 33 Responden dari penggemar Enhypen. Hasil perancangan meliputi T-Shirt, totebag, keychain, stiker, photocard holder, wall decoration, dan handfan, yang dirancang dengan konsep from fans, for fans sehingga memiliki nilai emosional serta mempertahankan identitas fandom. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi alternatif produk lokal yang mendorong kreativitas, memperkuat identitas fandom, dan mengangkat peran Enlovers sebagai representasi kreativitas penggemar Enhypen di kalangan Engene. Kata kunci: Desain Produk, Merchandise Fanmade, Identitas Visual, Korean Wave

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dhifa Salsabila Azmi Junaedi
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:15
Last Modified: 05 Dec 2025 07:15
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item View Item