Samudra, Arya Dziqri (2025) UJI TORSI DAN DAYA MESIN BENSIN 155 CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX DAN BUTANOL 20 % MENGGUNAKAN DYNOTEST. Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mesin bensin merupakan mesin yang umum digunakan pada kendaraan bermotor, namun keterbatasan bahan bakar fosil mendorong pengembangan energi alternatif. Butanol, sebagai biofuel dengan nilai oktan tinggi, memiliki potensi meningkatkan kinerja mesin saat dicampur dengan Pertamax. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh campuran Pertamax dan Butanol 20% (PB20) terhadap torsi dan daya mesin bensin 155 cc menggunakan dynotest. Metode penelitian meliputi studi pustaka, persiapan alat, pencampuran bahan bakar, pengaturan mesin, serta pengujian torsi dan daya sebanyak lima kali pada masing-masing bahan bakar. Hasil menunjukkan bahwa bahan bakar Pertamax murni (P100) menghasilkan rata-rata torsi 6,58 N.m dan daya 6,37 HP. Sementara itu, PB20 menghasilkan rata-rata torsi 7,18 N.m dan daya 7,44 HP. Campuran PB20 terbukti meningkatkan torsi sebesar 9,11% dan daya sebesar 10,76% dibanding P100. Hal ini menunjukkan potensi PB20 sebagai bahan bakar ramah lingkungan dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknik > Diploma III Teknik Mesin |
Depositing User: | Arya Dziqri Samudra |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 05:53 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 05:53 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/5627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |