PERANAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU MELALUI KEBERSIHAN KAMAR PADA HOTEL KARLITA INTERNATIONAL

ivan nurakhman, Andry Rizqi Fadilah (2023) PERANAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU MELALUI KEBERSIHAN KAMAR PADA HOTEL KARLITA INTERNATIONAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (TA_Andry Rizqi Fadilah)
HTL_ANDRY RIZQI FADILAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Andry Rizqi Fadilah. 2023. Peran Housekeeping dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Kebersihan Kamar pada Hotel Karlita International. Diploma III Perhotelan, Politeknik Harapan Bersama. Pembimbing 1: Wiyanti, S.Kom., M.M. Pembimbing 2: Hana Yulinda Fithriyani, M.Pd. Dalam bisnis perhotelan menyediakan jasa kamar yang selalu menjadi tanggung jawab dari departemen housekeeping agar suasana dan kenyamanan para tamu yang menginap akan selalu mendapat kenyamanan. Peranan housekeeping dalam meningkatkan kepuasan tamu melalui kebersihan kamar pada Hotel karlita International tidak berjalan tanpa adanya tim atau departemen yang saling melengkapi dan memberikan layanan terbaiknya demi kepuasan tamu hotel. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran housekeeping dalam meningkatkan kepuasan tamu melalui kebersihan kamar pada Hotel Karlita International. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai salah satu section di hotel, housekeeping dituntut untuk menjaga serta meningkatkan kepuasan pelayanannya serta mampu memberi pelayanan yang baik terhadap tamu agar tamu merasa betah untuk tinggal di hotel. Housekeeping senantiasa melayani tamu kamar dengan sikap dan perilaku yang baik. Selanjutnya, housekeeping membersihkan kamar dengan standar kebersihan yang layak serta melengkapi kamar dan memperhatikan kebersihan kamar dengan teliti. Kemudian perawatan trolly housekeeping dilakukan pada program mingguan serta dilakukan secara teratur dengan baik agar trolly aman digunakan. Dapat disimpulkan bahwa housekeeping memiliki peranan penting dalam hotel agar pelayanan lebih meningkat lagi. Selain itu, houseekeping staf perlu menumbuhkan inisiatif dalam melayani tamu hotel. Kata Kunci: housekeeping, kebersihan kamar, kepuasan tamu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General) > Hotels Industry
T Technology > T Technical Information > Technical Information > A General Works > AS Academies and learned societies (General) > Hotels Industry
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Diploma III Perhotelan
Perhotelan > Diploma III Perhotelan
Depositing User: mr. Andry Rizqi Fadilah
Date Deposited: 25 Oct 2024 12:09
Last Modified: 25 Oct 2024 12:09
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item