PUTRI, HILMA AULIA (2024) ANALISIS HARGA POKOK PENJUALAN DAN LABA KONTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUM BULOG KANTOR CABANG PEKALONGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (809kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (710kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (393kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Industri Pangan Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Bergerak di bidang pangan, Perum Bulog merupakan perusahaan public BUMN, khususnya dalam pengadaan dan penyaluran beras untuk Masyarakat. Kantor Cabang Pekalongan adalah salah satu dari banyaknya cabang yang beroperasi di Indonesia. Dalam menjalankan operasionalnya, Perum Bulog tentunya harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk harga pokok penjualan dan laba kontribusi. Persaingan dalam industri dan distribusi bahan pangan dapat mempengaruhi harga jual, volume penjualan dan laba kontribusi Bulog. Permasalahan yang dihadapi Perum Bulog Kantor Cabang Pekalongan adalah penentuan harga pokok penjualan yang tidak sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani. Hal ini yang dapat menyebabkan petani tidak menjual hasil panennya ke Bulog. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa HPP mengalami kenaikan signifikan selama periode tersebut, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti kenaikan harga gabah, penyesuaian harga beras Bulog, dan meningkatnya biaya produksi. Laba kontribusi juga mengalami fluktuasi, dengan penurunan pada tahun 2022 dan peningkatan pada tahun 2023. Kemudian Volume penjualan beras Perum Bulog Kantor Cabang Pekalongan cenderung meningkat selama periode 2021-2023, meskipun HPP mengalami kenaikan. Dan beberapa Faktor lain selain HPP dan laba kontribusi, seperti strategi pemasaran, kualitas produk, dan kondisi pasar, juga berperan penting dalam menentukan volume penjualan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Akuntansi > Diploma III Akuntansi |
Depositing User: | Hilma Aulia Putri |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:09 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4145 |
Actions (login required)
View Item |