Firmansyah, Arief (2023) PERANCANGAN GIMMICK ATAU MERCHANDISE SEBAGAI MEDIA PROMOSI FILM DOKUMENTER "ASA DI BATAS PAGAR" UNTUK MASYARAKAT. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.
Text (Tugas Akhir_Arief firmansyah_19120033)
Arief Firmansyah _19120033_NoCopy.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sepakbola di Indonesia sangat populer dan suporter sering dianggap sebagai bagian integral dari olahraga ini. Meskipun fanatisme suporter sering dikaitkan dengan kekerasan, banyak potensi positif dari dukungan mereka yang belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aspek positif dari dukungan suporter dan mengubah stigma negatif yang sering melekat pada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara. Data dikumpulkan di Stadion Jatidiri Semarang dan Stadion Utama Gelora Bung Karno antara Maret dan Juni 2023. Observasi menangkap dinamika pertandingan dan dukungan suporter, sementara wawancara dengan suporter mengeksplorasi motivasi dan pengalaman mereka. Data dikumpulkan melalui rekaman video dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suporter sepakbola memiliki sisi positif yang signifikan, meskipun sering kali terjadi kerusuhan. Film dokumenter "Asa di Batas Pagar" berhasil menyoroti aspek positif dan dedikasi suporter, membantu mengubah pandangan negatif publik. Promosi menggunakan gimmick dan merchandise juga efektif tetapi memerlukan penyempurnaan desain. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang peran positif suporter dalam sepakbola. Kata Kunci: Sepakbola, Suporter, Film Dokumenter, Merchandise, Gimmick
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Arief Firmansyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:35 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:35 |
URI: | http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/4136 |
Actions (login required)
View Item |