PERANCANGAN ASSET FILM PENDEK ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA KRAMA ALUS BERJUDUL “HADIAH SING BUTUH PERJUANGAN’’ UNTUKANAK USIA 10-12 TAHUN DI TEGAL

Putra, Muhammad Alaudin Syah (2023) PERANCANGAN ASSET FILM PENDEK ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA KRAMA ALUS BERJUDUL “HADIAH SING BUTUH PERJUANGAN’’ UNTUKANAK USIA 10-12 TAHUN DI TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Tugas Akhir_Muhammad Alaudin Syah Putra_20120029)
PERANCANGAN ASSET FILM PENDEK ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA KRAMA ALUS BERJUDUL “HADIAH SING BUTUH PERJUANGAN’’ UNTUKANAK USIA 10-12 TAHUN DI TEGAL_Muhammad Alaudin Syah Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ada satu kesamaan permasalahan pembelajaran bahasa jawa di SD Getaskerep dan SD Negeri 3 Slerok, Kota Tegal. Permasalahan tersebut adalah siswanya kurang fasih berbahasa Jawa Krama Alus. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara formal terhadap guru dan siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor penghambat siswa kurang menguasai bahasa Jawa Krama alus adalah materi yang disampaikan guru dianggap kurang menarik dan cenderung disepelekan. Dalam mengajarkan pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi bahasa krama alus kepada siswa SD perlu dibuat media pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah animasi 2D. Animasi yang berjudul “Hadiah Sing Butuh Perjuangan” yang di dalamnya berisi tentang kisah anak SD ysng akan diberi hadiah oleh kakaknya apabila anak tersebut mendpat nilai di atas KKM pada saat ulangan mata pelajaran Bahasa Jawa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Teknik > Diploma III Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Alaudin Syah Putra
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:42
Last Modified: 25 Jan 2024 06:27
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item