GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA EWUH PAKEWUH TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DENGAN WHISTLEBLOWING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

ARSILLA, ARVI (2023) GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA EWUH PAKEWUH TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DENGAN WHISTLEBLOWING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text
Revisi_ARVI ARSILLA_19110032_ASP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fraud merupakan salah satu faktor penghambat pertumbuhan ekonomi di Di Indonesia fraud berkembang dengan cepat dan meluas bahkan telah menjadi hal yang biasa, dimana fraud terjadi secara berkali-kali baik sektor swasta maupun sektor pemerintah. Fraud dilakukan secara individual atau kelompok dengan sengaja yang menimbulkan kerugian tanpa disadari oleh pihak yang dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya ewuh pakewuh terhadap pencegahan fraud dengan whistleblowing sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sesuai kriteria yaitu 73 responden pada staff bagian akuntansi atau keuangan di 16 Dinas yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tegal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) PLS. Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan dan whistleblowing menunjukkan nilai p value > 0,05 artinya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pencegahan fraud sedangkan budaya ewuh pakewuh menunjukkan p value < 0,05 artinya berpengaruh secara signifikan terhadap pencegahan fraud. Whistleblowing belum mampu memediasi gaya kepemimpinan terhadap pencegahan fraud karena memiliki nilai p value > 0,05. Namun whistleblowing mampu memediasi budaya ewuh pakewuh secara signifikan terhadap pencegahan fraud karena memiliki nilai p value < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Akuntansi > Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: ARVI ARSILLA
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:01
Last Modified: 25 Sep 2023 07:01
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item