Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Olahraga Bela Diri Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android Di Tk Persatuan Ummat Islam (PUI) Tegal

Bagiyatusholiman, Ananda Mohammad (2023) Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Olahraga Bela Diri Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android Di Tk Persatuan Ummat Islam (PUI) Tegal. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (TugasAkhir_AnandaMohammadBagiyatusholiman_18090132)
Protect AnandaMohammadB_18090132 Laporan Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi pada benda 2 dimensi dan 3 dimensi yang digabungkan menjadi lingkungan nyata yang ada di sekitar kita. Dengan kemampuan Augmented Reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam pengenalan olahraga untuk anak TK. Aplikasi ini menyediakan fasilitas menarik seperti menampilkan objek 3 dimensi bela diri ini beserta animasi menggunakan Smartphone, agar anak-anak dapat berinteraksi dan lebih kreatif dalam mengenal bela diri ini, karena anak mengalami masa keemasannya pada usia 4 sampai 7 tahun yang merupakan masa dimana anak mulai menerima rangsangan, sehingga anak-anak akan lebih cepat menerima dan menangkap dari pengenalan bela diri ini dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode yang digunakan adalah marker based tracking. Hasil dari penelitian ini terciptanya aplikasi augmented reality sebagai media pengenalan olahraga bela diri yang diharapkan anak dapat mempelajari olahraga bela diri dengan lebih mudah dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknik > Diploma IV Teknik Informatika
Depositing User: Ananda Mohammad Bagiyatusholiman
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:41
Last Modified: 11 Sep 2023 09:41
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item