Edukasi Sejarah Kerajaan Di Indonesia Berbasis Serious Game

Pratama, Mohamad Rizki (2023) Edukasi Sejarah Kerajaan Di Indonesia Berbasis Serious Game. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Skripsi_Mohamad Rizki Pratama_19090117)
Laporan_Skripsi_Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Edukasi sejarah adalah pendidikan yang tujuannya memiliki kaitan dengan pembentukan watak, identitas serta karakter bangsa. Dalam pendidikan sejarah di Indonesia terdapat materi tentang sejarah kerajaan. Sejarah kerajaan tersebut adalah bagian dari sejarah Nasional Indonesia yang banyak menceritakan peradaban pada masa kerajaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Permasalahan yang terjadiyaitu materi sejarah terkadang dianggap bosan dan kurang menarik karena banyaknya materi dan pembahasan yang harus dipelajari. Hal tersebut tidak terkecuali dengan materi sejarah kerajaan yang termasuk di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dan menerapkan serious game sebagai media edukasi sejarah kerajaan di Indonesia. Pengembangan serious game dilakukan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Tahapan pengembangan meliputi analisis, produksi, testing dan release. Testing yang dilakukan yaitu pengujian blackbox dan usability terhadap produk serious game. Pengujian dengan metode blackbox menunjukan bahwa produk berjalan sesuai dengan fungsinya. Untuk pengujian usability terbagi ke dalam tiga kategori responden, yaitu anak-anak, remaja dan juga dewasa. Hasil pengujian usabilitypada responden anak-anak menunjukan hasil 83,3 % dan pada dewasa sebesar 81,6% . Sehingga produk serious game yang dikembangkan dapat atau layak digunakan sebagai media edukasi sejarah kerajaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology
Divisions: Teknik > Diploma IV Teknik Informatika
Depositing User: Mohamad Rizki Pratama
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:29
Last Modified: 28 Aug 2023 07:29
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item