GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN OBAT DI APOTEK INJAYA

Nurhayati, Hilda (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN OBAT DI APOTEK INJAYA. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Farm 1816.22 HIL g)
TA hilda nurhayati_19030030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Farm 1816.22 HIL g)
Jurnal KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Kepuasan adalah evaluasi purnabeli, dimana persepsi terhadap kinerja alternatif produk/jasa yang dipilih memenuhi atau melebihi harapan. Pelayanan kefarmasian meliputi penampilan apotek, keramahan petugas, pelayanan informasi obat, Kualitas dari suatu pelayanan kesehatan erat kaitannya dengan kepuasan penggunaan jasa kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasaan para konsumen yang datang ke Apotek Injaya dan mendapat pelayanan obat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dan informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang mendapat pelayanan kefarmasian di Apotek Injaya pada 1 minggu pertama di bulan Maret 2022. Sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 60 responden untuk mewakili populasi. Analisis data menggunakan analisis univariat Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasaan konsumen pada pelayanan obat di Apotek Injaya yaitu pada dimensi reliability didapatkan nilai rata-ratanya persentase 85% dengan ketegori puas, pada dimensi responsiveness didapatkan nilai rata-rata persentase 85% dengan kategori puas, pada dimensi assurance didapatkan nilai rata-rata persentase 84% dengan kategori puas, dimensi empaty didapatkan nilai rata-rata persentase 83% dengan kategori puas, dimensi tangible didapatkan nilai rata-rata persentase 80% dengan kategori puas. Dengan hasil ini total nilai rata-rata yang didapatkan pada semua dimensi yaitu 83% dengan kategori puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@poltektegal.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2022 05:20
Last Modified: 22 Dec 2022 05:20
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item