PERANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) PADA PASIEN PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS TEGAL SELATAN

Pratama, Inggrit (2022) PERANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) PADA PASIEN PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS TEGAL SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (Farm 1950.22 ING p)
TA.docx

Download (2MB)
[img] Text (Farm 1950.22 ING p)
Jurnal Inggrit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Adanya masalah terkait pengobatan pasien diabetes melitus, apoteker harus menyampaikan KIE tentang bagaimana penggunaan obat antidiabetik yang baik dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi ( KIE ) dapat berperan dalam masa terapi pengobatan yang dijalani pasien diabetes melitus tipe- II di Puskesmas Tegal Selatan. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik sampel jenuh sejumlah 50 responden yang diambil pada bulan Februari 2022. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu data primer melalui kuesioner. Hasil penelitian ini adalah KIE berperan dalam masa terapi pengobatan pada pasien diabetes melitus tipe-II di Puskesmas Tegal Selatan untuk guna mencegah medical error ( rata rata 3,95 ), memberikan rasa aman kepada pasien ( rata rata 3,95 ), penyampaian prosedur terapi ( rata rata 3,7 ), dan tingkat kepatuhan pasien ( rata rata 4,46 ). Pada penelitian ini pasien paling banyak yaitu laki- laki dan umur paling tinggi 75 tahun. Apoteker menyampaikan informasi obat dan memberikan edukasi kepada pasien dengan baik sehingga dapat mendukung peranan KIE pada masa terapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@poltektegal.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:32
Last Modified: 16 Dec 2022 08:32
URI: http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item