HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI DENGAN NIAT MEMBELI ULANG OBAT DI APOTEK GLOBAL FARMA TEGAL

Aditya, Tatik Alifah (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI DENGAN NIAT MEMBELI ULANG OBAT DI APOTEK GLOBAL FARMA TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Harapan Bersama.

[img] Text (farm 1798.22 ADI h)
TUGAS AKHIR-TATIK ALIFAH ADITYA 19080010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian memiliki peran penting dalam upaya kesehatan untuk menghilangkan gejala dari suatu penyakit, mencegah penyakit, serta dapat menyembuhkan penyakit, sebaliknya pelayanan kefarmasian yang kurang optimal dapat menimbulkan kerugian pada pasien. Oleh sebab itu, pelayanan kefarmasian yang tepat objektif dan komperhensif sangat diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan farmasi dengan niat membeli ulang obat di Apotek Global Farma Tegal. Rancangan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh pelanggan Apotek Global Farma Tegal sebanyak 2080 pelanggan memperoleh sampel dengan rumus slovin sebanyak 100 responden. Pengumpulan data melalui survei dan kuesioner sebanyak 17 pertanyaan dengan lima dimensi yaitu dimensi daya tanggap, dimensi kehandalan, dimensi jaminan, dimensi empati, dimensi bukti fisik, dan data yang dikumpulkan merupakan data primer. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square untuk mengetahui kolerasi atau hubungan antar variabel. Hasil penelitian pernyataan pertama terkait dimensi daya tanggap mendapatkan skor 90,5% dengan kategori sangat puas, pernyataan kedua terkait dimensi kehandalan 89,0% dengan kategori sangat puas, pernyataan ketiga terkait dimensi jaminan mendapatkan skor 87,7% dengan kategori sangat puas, pernyataan keempat terkait dimensi empati mendapatkan skor 89,5% dengan kategori sangat puas, dan pernyataan kelima terkait dimensi bukti fisik mendapatkan skor 90,0%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Apotek Global Farma Tegal dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan farmasi dengan niat membeli ulang obat di Apotek Global Farma Tegal (p<0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Kesehatan > Diploma III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@poltektegal.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:19
Last Modified: 25 Nov 2022 09:19
URI: http://repository.poltekharber.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item